Ini Dia Star Up Aplikasi handal Jebolan HACKBDGWEATHER

  • Redaktur by Haidar Jumat, 25 Jan 2019, 14:19

Berikut para juara kompetisi Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER

JAVANEWS.TV | BANDUNG, -

Para star up aplikasi berkomitment untuk mengembangkan Tekhnologi IP Weather di Indonesia. Hal itu seiring dengan event PT Cyberindo Aditama (CBN) bersama dengan PT Mega Akses Persada (FiberStar), didukung oleh Dinas Komunikasi & Informatika Kota Bandung dan Dinas Komunikasi & Informatika Jawa Barat menyelenggarakan kompetisi Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER.

Total 38 tim developer muda dari seluruh Indonesia telah mendaftarkan diri untuk mengikuti kompetisi ini, dan telah diseleksi menjadi 15 tim yang lolos ke babak final pada tanggal 23-24 Januari 2019 di Block71 Bandung. Pemenang kompetisi akan memperoleh penghargaan yang diserahkan langsung oleh Dirjen Aplikasi Informatika, Kementrian Komunikasi & Informatika RI, Bpk. Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc.

Marcelus Ardiwinata, Chief Operating Officer, CBN mengatakan “Kompetisi Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER diselenggarakan sebagai upaya untuk mengembangkan teknologi IP Weather melalui kreativitas para developer muda Indonesia. Melalui kompetisi ini, para peserta akan ditantang untuk berinovasi menciptakan ide-ide berbasis teknologi informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan data cuaca, yang tentunya dapat dikembangkan untuk kebutuhan masyarakat,” katanya.

Kompetisi ini merupakan bentuk lanjutan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari CBN dan FiberStar yang telah memberikan sejumlah perangkat IP Weather kepada Pemerintah Daerah Kota Bandung dalam upaya peningkatan kualitas Bandung Smart City. Sebagai pilot project, perangkat IP Weather sudah terpasang di beberapa titik kelurahan maupun kecamatan di Kota Bandung, Jawa Barat.

“Kota Pintar maupun Desa Pintar memerlukan partisipasi dan keterlibatan masyarakat. Dengan adanya kompetisi Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER, kami bisa memberikan percontohan ke kota atau desa tentang menghimpun keterlibatan masyarakat dan mendidik serta memupuk munculnya penemu-penemu muda untuk peduli akan kota/desa dan masyarakatnya,” tambah Marcelus.

Baca Juga:

Komunitas IOF Gelar Adventure Renovasi Mushola Bersama TNI-Polri

Tangkal Berita Palsu, USB YPKP Deklarasi Anti Hoax

Menurutnya, perangkat IP Weather akan mencatat data terkait cuaca berupa data temperatur suhu, kelembaban udara, curah hujan, kecepatan angin, radiasi matahari dan sinar UV. Perangkat yang sudah terpasang di beberapa titik kelurahan dan kecamatan di Kota Bandung akan mentransfer data cuaca ke Weather Station API (API), sehingga dapat tersaji data-data cuaca di Kota Bandung secara realtime. Setiap data dapat disaring berdasarkan sensor dan waktu yang diinginkan. 


Berikut para juara kompetisi Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER

- Juara I diraih Tim Permanent Betadev dengan aplikasi Seedplan atau aplikasi rekomendasi untuk bercocok tanam

- Juara II diraih NaviCuaca dengan aplikasi navi cuaca atau aplikasi yang menggabungkan google maps dengan cuaca (nilai 83,5)

- Juara III diraih NiteLogin dengan aplikasi Kusmana atau Traffic Congestion Control System based on Weather Monitoring: aplikasi perencanaan penanaman (nilai 83,35)
(wan)

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..